“Tanda apakah itu?”: Renungan, Jumat 26 November 2021

0
615

Hari biasa (H)

BcE Dan, 7:2-14; MT Dan, 3:75-81.; Luk, 21:29-33.

Dalam hidup sehari-hari, kita pasti sudah sering melihat peristiwa-peristiwa alam yang menandakan akan terjadi sesuatu, seperti jika kita melihat langit mendung kita pasti sudah mengetahui bahwa segera akan turun hujan.  Demikian pula pada hari ini penginjil Lukas hendak mengajak kita semua untuk mampu melihat tanda-tanda apa saja yang mengawali kedatangan Sang Juru Selamat kita. Dalam Injil Yesus menggunakan perumpamaan berikut, “Perhatikanlah pohon ara atau pohon apa saja. Apabila kamu melihat pohon-pohon itu sudah bertunas, kamu tahu dengan sendirinya bahwa musim panas sudah dekat”.

Lewat perumpamaan ini Yesus hendak menyadarkan kita semua bahwa kedatangan-Nya akan diawali dengan tanda-tanda yang sebenarnya sudah kita tahu dan sudah kita alami. Hari-hari menjelang masa Adven ini, sebetulnya kita telah melihat tanda-tanda itu terjadi. Setiap umat Kristiani melakukan persiapan demi persiapan yakni pengakuan dosa dan menjaga ketenangan untuk memasuki masa penantian. Kemudian Yesus mengatakan sebuah perkataan yang telah menguatkan iman dari beribu-ribu jiwa, dan juga memiliki makna yang mendalam yakni, “Demikian juga, jika kamu melihat hal-hal itu terjadi, ketahuilah bahwa Kerajaan Allah sudah dekat”. Artinya bahwa Kerajaan Allah sudah dekat dan akan tinggal dalam hati orang yang mampu melihat tanda-tanda tersebut, dan sudah menyiapkan tempat bahagia Kerajaan Allah di dalam hatinya.

Penglihatan Daniel yang diungkapkan dalam bacaan pertama menceritakan tentang sebuah kedatangan seorang anak manusia. Semua peristiwa yang menjadi isi dari penglihatan Daniel mulai dari guncangan yang terjadi di dalam laut besar yang membangkitkan empat binatang besar dari tengah-tengah laut tersebut, menjadi tanda kedatangan sosok Anak Manusia. Anak Manusia dalam penglihatan itu memiliki takhta bersama seorang yang lang lanjut usianya. Seperti itulah penglihatan Daniel dalam Perjanjian Lama sebelum kedatangan Anak Manusia yang dalam Injil memiliki nama Yesus Kristus.

Melalui pewartaan hari ini, kita semua dipanggil untuk mampu melihat tanda-tanda kedatangan Yesus Kristus dan menjadikan itu semua sarana untuk mempersiapkan diri kita dalam menyambut kedatangan Yesus Kristus. Sesungguhnya belum cukup dengan hanya kita melihat tanda-tanda tersebut, kita perlu juga memberikan perhatian terhadap kesiapan kita menanti dan menyambut kedatangan Yesus Kristus. Banyak  orang berpikir bahwa tanda yang mendahului kedatangan Sang Juru Selamat akan sulit untuk diketahui, tetapi sesungguhnya tanda-tanda itu  sudah pernah kita temukan dan alami sehingga kita lebih mudah menyiapkan diri untuk semua itu. Sebab orang yang mampu melihat tanda-tanda tersebut hanyalah mereka yang telah siap dengan hati terbuka menerima Kerajaan Allah.

(Fr. Alberth Wee)

“Jika kamu melihat hal-hal itu terjadi, ketahuilah, bahwa Kerajaan Allah sudah dekat” (Luk. 21:31).

Marilah berdoa :

Ya Tuhan, curahkanlah rahmat-Mu kepada kami agar kami mampu memahami tanda kedatangan-Mu dan mampu mempersiapkan diri kami untuk kedatangan Kerajaan Allah di hati kami. Amin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here