“Terpendam dan Mencari”: Renungan, Rabu 28 Juli 2021

0
542

Hari Biasa (H)

Kel. 34:29-35; Mzm. 99:5-7,9; Mat. 13:44-46

Dalam kehidupan ini setiap orang memiliki impian-impian atau cita-cita. Impian tersebut selalu terarah pada hal-hal yang tinggi dan jauh untuk digapai. Impian itu menampilkan harapan, sukacita, dan kegembiraan. Oleh karena itu setiap orang akan selalu berusaha untuk menggapai impiannya. Mereka akan selalu melakukan segala hal untuk mewujudnyatakan impiannya.

Bacaan Injil hari ini melukiskan tentang Kerajaan Surga. Dalam Khotbah-Nya di bukit Yesus mengumpamakan Kerajaan Surga bagaikan harta yang terpendam dan mutiara yang berharga. Demi harta yang terpendam dan mutiara yang berharga itu, orang rela untuk menjual seluruh milik kepunyaannya. Itulah Kerajaan Surga di mana kerajaan itu terpendam dan sangat berharga, sehingga orang perlu berusaha mencarinya. Kemudian, setelah didapatkannya orang akan berusaha untuk memilikinya.

Saudara-saudari yang terkasih, dalam kehidupan ini tentu kita mempunyai impian-impian. Salah satu impian kita tentunya adalah masuk dan menikmati Kerajaan Surga. Dalam mewujudkan impian tersebut tentunya kita tidak bisa menyamakan seperti halnya mewujudkan impian duniawi kita. Kerajaan Surga itu adalah harta yang berharga yang merupakan impian rohani dan menjadi tujuan akhir hidup kita. Untuk itu kita harus berusaha untuk mencarinya dan menggapainya. Dan sesungguhnya kita dapat menemukannya dalam diri kita masing-masing yakni lewat keheningan doa, kasih, pengampunan, perhatian kepada mereka yang menderita dan segala kebaikan yang kita buat. Beberapa tindakan tersebut dapat membantu kita untuk menemukan dan masuk ke dalam Kerajaan Surga.

 

(Fr. Exel Lorinanto)

“Setelah ditemukannya mutiara yang sangat berharga, ia pun pergi menjual seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu” (Mat. 13:46).

 

Marilah Berdoa:

Ya Tuhan, bantulah aku untuk bisa melakukan perbuatan yang baik, agar aku bisa menemukan dan masuk dalam Kerajaan-Mu. Amin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here