“Harta Surgawi” : Renungan, Jumat 18 Juni 2021

0
685

Hari Biasa (H)

2Kor. 11:18,21b-30; Mzm. 34:2-3,4-5,6-7; Mat. 6:19-23.

Kebanyakan orang dalam kehidupan ini berusaha untuk mengumpulkan harta sebanyak mungkin. Mereka akan menggunakan segala kemampuan dan teknik untuk bisa memperoleh harta. Tujuan pengumpulan harta sebanyak-banyaknya ini adalah untuk memperoleh kebahagiaan. Akan tetapi kebahagiaan tersebut tidak akan bertahan lama karena hanya merupakan kenikmatan duniawi saja. Untuk itu kita diharapkan supaya dapat juga mengumpulkan harta surgawi, suatu harta yang tak dapat diambil dan punah dari kehidupan kita. Bagaimanakah harta surgawi tersebut?

Injil hari ini menceritakan tentang hal pengumpulan harta. Yesus mengundang kita supaya dapat mengumpulkan ‘harta di surga’ dalam segala hal dan tindakan yang akan menyelamatkan kita. Cara mengumpulkan harta surgawi berbeda dengan cara kita mengumpulkan harta di dunia. Setiap perbuatan kita akan menggambarkan pribadi kita. Perbuatan kebajikan, kebaikan dan kesetiaan kepada sesama dan Tuhan merupakan cara-cara bagi kita untuk mengumpulkan harta surgawi.

Kita juga dapat belajar dari rasul Paulus yang selalu bermegah dalam Tuhan. Rasul Paulus yang dalam segala kesenangan dan kesedihan, kesusahan dan kesuksesan, kegembiraan dan dukacita selalu tetap setia untuk mewartakan Injil, agar Kerajaan Allah bertumbuh dan berkembang. Paulus tidak pernah menyombongkan dirinya, dia selalu menampilkan sikap kerendahan hatinya dan juga semangat dan keberaniannya dalam mewartakan Injil. Semua ini ia lakukan demi sebuah harta yang terbesar yaitu keselamatan.

Oleh karena itu dalam kehidupan ini kita harus berusaha mengumpulkan harta surgawi tersebut supaya kita dapat memperoleh keselamatan yang kekal. Akan tetapi bukan berarti harta duniawi tidak perlu dikumpulkan. Untuk itu diperlukan adanya keselarasan dalam hal tersebut, dengan prinsip yang paling utama adalah harta surgawi. Kesetiaan iman kepada Tuhan, berbagi kasih kepada sesama dan mewartakan Injil merupakan prinsip yang perlu kita terus bangun, agar kita bermegah dalam Tuhan dan bisa memperoleh keselamatan yang datang dari Tuhan.

(Fr. Exel Lorinanto)

“Kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya” (Mat. 6:20).

Marilah berdoa:

Ya Tuhan, bantulah aku untuk bermegah dalam nama-Mu, agar aku dapat  memperoleh harta surgawi. Amin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here