“Jaminan Berkat”: Renungan, Rabu 12 Mei 2021

0
672

Hari Biasa Pekan VI Paskah (P)

Kis. 17:15,22-18:1; Mzm 148:1-2,11-12ab,12c-14a.14 bcd; Yoh. 16:12-15

Jaminan sosial merupakan hak setiap warga negara untuk mendapatkan kepastian akan perlindungan dan kesejahteraan. Seperti halnya di Indonesia, negara memberikan jaminan kepada warga negaranya dengan membentuk Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau lebih dikenal dengan BPJS.

Injil hari ini mengisahkan percakapan Yesus dengan para murid-Nya tentang Roh Kebenaran yang diutus Bapa ke tengah-tengah mereka dalam nama-Nya. Yesus tahu bahwa tinggal sesaat lagi Dia akan berpisah dengan para murid, maka Tuhan memberikan jaminan kepada para murid yaitu Roh Kebenaran. Roh itu akan tinggal dalam diri para murid dan akan menyertai, menolong, dan menuntun mereka. Roh Kebenaran ini juga yang akan menjadi dasar bagi para murid untuk mewartakan dan menyebarluaskan karya keselamatan Allah sebagaimana yang telah Yesus lakukan.

Dalam bacaan pertama, Roh Kebenaran yang sama juga yang menjadi dasar kekuatan dan keberanian bagi Rasul Paulus untuk berdiri di atas Aeropagus sambil menentang sikap orang-orang Athena yang masih kafir. Rasul Paulus dalam misi pewartaannya kemudian mulai mewartakan siapakah Allah Itu. Allah itu tidak lain adalah jaminan bagi keselamatan hidup manusia. Tuhan yang menjadikan langit dan bumi, Dia pula sumber kehidupan bagi setiap orang. Melalui Dia dan di dalam Dia orang dapat hidup. Allah yang sama juga yang membangkitkan Yesus dari antara orang mati. Keberanian Rasul Paulus ini akhirnya membuat beberapa orang berbalik dan percaya kepada Allah termasuk Dionisius. Sementara beberapa dari mereka malah mengejek ajaran itu.

Roh Kebenaran yang dikisahkan dalam bacaan-bacaan hari ini, tidak hanya ada dan bekerja dalam diri para murid dan Rasul Paulus, tetapi Roh Kebenaran itu juga diberikan Allah kepada setiap orang beriman. Supaya menyertai, menolong dan memberikan perlindungan. Roh Itu pula diutus Bapa sebagai jaminan di saat menghadapi tantangan dan kesulitan dalam hidup seperti yang dialami oleh para murid dan Rasul Paulus.  Bacaan hari ini menjadi inspirasi bagi kita untuk membuka diri dan menerima Roh Kebenaran berkarya serta menuntun setiap langkah hidup supaya berani memberikan kesaksian akan Kristus serta menyebarluaskan Kerajaan Allah.

(Fr. Gerren Maweikere)

“ Segala sesuatu yang Bapa punya adalah Aku punya” (Yoh. 16:15).

Marilah Berdoa:

Tuhan, tuntunlah kami dalam terang Roh Kudus-Mu. Amin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here