“Bijaksanalah dalam Bekerja”: Renungan, Senin, 19 April 2021

0
692

Hari Biasa Pekan III Paskah (P)

Kis. 6:8-15; Mzm. 119:23-24,26-27,29-30; Yoh. 6:22-29.

Demi hidup, manusia membutuhkan makanan dan karenanya manusia harus bekerja. Hidup manusia secara lahiriah memang tidak bisa dipisahkan dari yang namanya makanan. Tanpa makanan manusia pasti akan kelaparan dan tidak akan bisa bertahan hidup. Terkait dengannya orang bijak mengatakan bahwa manusia makan untuk hidup bukan hidup untuk makan.

Saudara-saudari yang terkasih bacaan-bacaan hari ini mengisahkan tentang hidup manusia secara jasmaniah. Secara jasmani manusia memang membutuhkan makanan untuk bisa bertahan hidup. Namun, dalam hidup manusia tidak hanya memikirkan hal-hal jasmaniah saja, tetapi juga memperhatikah hidup rohaninya. Sehingga ia membutuhkan makanan rohani untuk memenuhi kebutuhan rohaninya tersebut. Oleh sebab itu dalam bacaan Injil, Yesus mengingatkan kepada kita semua untuk tidak hanya fokus bekerja mencari makanan yang akan binasa saja, tetapi mencari makanan yang tidak akan binasa dan bertahan sampai hidup yang kekal yakni dari Yesus sendiri. Melalui penegasan-Nya dalam Injil, Yesus mau menunjukkan bahwa hidup manusia tergantung pada Allah. Maka bekerja dan melakukan kehendak Allah adalah hal yang terpenting dari pada bekerja hanya untuk makanan fana saja. Yesus, melalui bacaan hari ini mengajak kita untuk menyadari bahwa segala yang kita nikmati dalam hidup ini adalah anugerah dari Tuhan sendiri.

Saudari-saudari terkasih, terkadang dalam hidup tuntutan pekerjaan bisa menjadi kendala bagi kita untuk datang ke Gereja dan mendekatkan diri kepada Allah. Karena pekerjaan bisa membuat kita tidak dapat menghadiri kegiatan peribadatan yang ada di wilayah rohani atau kelompok kategorial. Pekerjaan seolah-olah menjadi alasan yang tidak bisa ditunda pelaksanaannya ketika kita berada dalam dua pilihan antara pergi kerja atau ke Gereja. Bahkan, ada di antara kita yang mengatakan, kalau saya tidak bekerja bagaimana dengan keluarga dan anak-anak saya di rumah, kalau saya tidak bekerja bagaimana saya bisa mendapatkan uang untuk membeli makan dan kebutuhan-kebutuhan lain dalam hidup? Nah, pertanyaan ini kadang menyulitkan kita untuk memilih mana yang harus diutamakan dalam hidup ini. Yesus hari ini mengingatkan kita untuk menjadi orang yang bijaksana dalam hidup dengan tetap bersamanya dan percaya kepada Allah dalam situasi apapun. Sebab, Dialah roti hidup yang akan memberikan kita hidup kekal di surga.

(Fr. Oswaldus Mbawo)

”Bekerjalah bukan hanya untuk makanan yang akan binasa, melainkan untuk makanan yang akan bertahan sampai kepada hidup yang kekal” (Yoh. 6:27a).

Marilah Berdoa:

Ya Tuhan, ajarilah aku untuk selalu bersyukur kepada-Mu. Amin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here